Rista's Blog

Jumat, 16 Maret 2012

Soal Seleksi Penerimaan Asisten Praktikum

Soal Seleksi Penerimaan Asisten Praktikum
Fisika Dasar Tahun 2012
Waktu 2 Jam


1.      Sebuah mobil mula-mula mempunyai kecepatan v0. Karena di rem maka kecepatannya menjadi ¼v0 dan jarak yang ditempuh sejauh x. Bila perlambatan dianggap konstan maka tentukan jarak yang ditempuh mobil dari awal hingga berhenti. (20 poin)
2.      Sebuah mobil dipercepat dengan percepatan tetap a1 dari keadaan diam selama selang waktu tertentu dan setelah itu diperlambat dengan perlambatan tetap a2 sampai berhenti. Jika selang waktu total percepatan dan perlambatan adalah t sekon, maka tentukan kecepatan maksimum mobil. (30 poin)
3.      Seorang menarik poros katrol dengan gaya F ke atas seperti pada gambar. Anggap katrol dan tali tidak bermassa. Massa m2 lebih besar dari pada massa m1
a)      Hitung gaya normal (N2) maksimum agar m2 tetap tidak bergerak.
(5 poin)
b)      Hitung gaya tegang tali T agar m2 tetap tidak bergerak. (10 poin)
c)      Hitung gaya maksimum F agar m2 tetap tidak bergerak.(5 poin)
d)     Berapa percepatan massa m1 untuk harga gaya maksimum ini? (10 poin)
4.      Sebuah partikel yang massanya m dan bermuatan q bergerak dengan kelajuan v memasuki medan magnet homogen B secara tegak lurus sehingga lintasan partikel berupa lingkaran. Tentukan:
a)         Jari-jari lintasan partikel. (5 poin)
b)        Kecepatan sudut partikel. (5 poin)
c)         Momentum sudut partikel. (5 poin)
5.    Tentukan banyaknya muatan positif (q) dengan jumlah yang sama yang harus ditempatkan pada bumi dan bulan untuk menetralisir tarikan gravitasi antara bumi dan bulan. Massa bumi M, massa bulan m dan M = 1/81 m. (5 poin)

-- SELAMAT BERKOMPETIS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar